Profil Timnas Peru Piala Dunia 2018

Profil Timnas Peru Piala Dunia 2018

Pasukan Ricardo Gareca Menginjak lagi Piala Dunia 2018 Rusia. Mereka perlu lewati jalan yang tak mudah. Sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan (Conmebol), Peru singkirkan para tim kuat seperti Cile dan Paraguay.

Piala Dunia 1982 di Spanyol merupakan performa terakhir Tim nasional Peru pada pesta sepak bola terbesar sejagat. Kemudian, sepanjang 36 tahun atau 8 edisi Piala Dunia dari 1986 sampai 2014, tim nasional yang berjuluk La Blanquirroja tersebut tidak ikut ambil bagian.

Sekarang ini, menatap putaran final Piala Dunia 2018, Peru berada di Grup C bersama Prancis, Australia, dan Denmark. Tetapi, Los Incas dapat masalah dengan kapten tim, serta pemain bintang lapangan Paolo Guerrero. Pemain penyerang yang berusia 34 tahun itu positif memakai benzoylecgonine, zat meta­bolisme dari kokain.

Imbasnya, Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) jatuhkan larangan bermain sepanjang setahun. Dengan begitu, Guerrero terancam absen pada ajang Piala Dunia 2018 Rusia. tetapi, pada tanggal 20 Desember 2017, FIFA kurangi larangan bermain dari 1 tahun menjadi 1 bulan sampai Guerrero dapat perkuat Tim nasional Peru di Rusia nanti. Tetapi, masalahnya, dia telah absen dalam waktu yang cukup lama membela La Blanquirroja, lebih dari 6 bulan. Akankah Guerrero tampil? Kita nanti saja!

Lawan Denmark

Peru akan memulai pertandingan Grup C Piala Dunia 2018 hadapi Denmark pada tanggal 16 Juni. Kemudian, berhadapan dengan Prancis (21 Juni) dan ter­akhir Australia (26 Juni). Pelatih Peru Ricardo Gareca bilang, kubunya merasa senang de­ngan hasil undian itu. Menurut pelatih yang berasal dari Argentina itu, Tim nasional Prancis bakal ting­kat­kan permainan Tim nasional Peru ke tingkat yang lebih tinggi. Sedangkan permainan Australia nyaris sama dengan Selandia Baru yang digusur Peru di play-off.

Gareca merasa percaya diri La Blanquirroja bakal tampil dengan oke selama putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Para pemain Peru punya mental yang luar biasa. Biarpun bakal melawan tim yang sulit di Piala Dunia 2018, kami dapat laksana­kan pekerjaan dengan luar biasa,” imbuh pelatih berusia 59 tahun itu.

Sebelum hadapi Denmark, Peru bakal langsungkan 3 pertandingan friendly menghadapi Skotlandia di Lima, Peru, 29 Mei. Lalu, Arab Saudi di St Galles, Swiss, 3 Juni. Terakhir, Swedia di Gothenburg, Swedia, 9 Juni.

Akankah Peru di final Piala Dunia 2018 di Rusia dapat membuat kejutan seperti yang mereka lakukan pada babak kualifikasi Zona Amerika Selatan (Conmebol)?

Paolo Guerrero Timnas Peru

Paolo Guerrero

Kamis, 3 Mei 2018 merupakan hari yang istimewa untuk pemain penyerang Paolo Guerrero. Pada hari itu, pema­in kelahiran Lima, Peru, tanggal 1 Januari 1984 itu telah bebas dari hukuman Badan Sepak Bola Dunia (FIFA). Jose Paolo Guerrero Gonzales dihukum FIFA tak boleh tampil sampai dengan 1 tahun usai dia positif memakai ben­zoylecgonine ketika Peru tampil seri tanpa cetak angka 0-0 berhadapan dengan Argentina pada babak kualifikasi di ajang Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan pada Oktober 2017. Hukuman tersebut mulai berlaku sedari tanggal 3 November 2017.

Tetapi, Guerrero ajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olah Raga (Court of Arbitration for Sport/CAS) di Swiss. Alhasil, pada tanggal 20 Desember 2017, hukuman Guerrero dik­urangi menjadi 6 bulan. Sekarang ini, penyerang berusia 34 tahun itu dapat memperkuat Tim nasional Peru pada pu­taran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Federasi Sepak Bola Peru (FPF) mainkan Paolo Guerrero ke skuad La Blanquirroja yang bakal melangsungkan pertandingan pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Guerrero absen sepanjang 6 bulan dari semua aktivitas sepak bola, baik bersama klub (Flamengo) ataupun Tim nasional Peru, mulai 3 November 2017 sampai dengan tanggal 3 Mei 2018.

Untuk kembalikan performanya, khususnya di ajang Piala Dunia 2018, Guerrero punya waktu sedikit, cuma 1,5 bulan. Untuk itulah, staf teknis Tim ­nasional Peru berikan dirinya latihan secara khusus. Dengan demikian, Guerrero diminta bersiap bermain di pesta sepak bola paling besar sedunia.

Rekor Timnas Peru

Rekor

Guerrero merupakan pencetak angka paling banyak selama sejarah Tim nasional Peru. Dia ciptakan 32 angka lewat 86 performanya bersama La Blanquirroja.

Cetak angka pertamanya bersama Tim nasional Peru ketika tundukkan Cile dengan skor 2-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2006 Zona Amerika Selatan pada tanggal 17 November 2004 di Stadion Nasional, Lima, Peru. Lewat pertandingan pembuka Copa America 2007 di Merida, Venezuela, Guerrero mencetak angka ketika Tim nasional Peru menangkan laga atas Uruguay dengan skor 3-0, serta lolos ke babak perempat final.

Pada Copa America 2011, Guerrero menjadi pencipta angka paling banyak dengan cetak 5 angka, yaitu 1 cetak angka ke ga­wang Uruguay dan Meksiko dan juga 3 cetak angka (hattrick) ke gawang Venezuela. Di Copa America 2015 di Cile, Guerrero men­cetak hattrick saat Peru menga­lahkan Bolivia 3-1 di perempat final.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *