Piala Dunia 2018 Segera Bergulir, Jepang Pecat Vahid Halilhodzic

Mantan pelatih timnas Jepang, Vahid Halilhodzic

Timnas Jepang melakukan keputusan besar jelang Piala Dunia 2018. Mereka baru saja memberhentikan pelatih Vahid Halilhodzic hanya berselang dua bulan sebelum perhelatan akbar ini dilaksanakan. Pelatih dari Bosnia tersebut dipecat setelah hasil buruk dari tim Samurai Biru selama ini.

Media mengungkapkan jika petinggi Asosiasi Sepak Bola Jepang, yakni Kozo Tashima resmi mengeluarkan sang pelatih dan sudah mempersiapkan pelatih pengganti mereka. Vahid Halilhodzic sendiri menjalin kontrak dari Maret 2015 lalu. Ia sukses menjadikan timnas Jepang masuk babak selanjutnya di Piala Dunia 2018 di Rusia pada bulan Juni mendatang.

Akan tetapi, setelah berhasil mendapatkan hasil sempurna, timnya malah kian menurun dalam beberapa laga uji coba. Pelatih berumur 65 tahun tersebut hanya dapat menjadikan timnasnya seri kontra Mali dan gagal melawan Ukraina pada bulan lalu.

Media setempat juga menjadikan kinerja Halilhodzic sebagai headline. Ia dinilai tak dapat meningkatkan timnya makin solid, apalagi suasana ruang ganti disebutkan tidak begitu nyaman. Gayanya yang lugas dan kurang diplomatis sering membuat beberapa pemain berselisih paham.

Pihak asosiasi sepak bola Jepang kemudian mengadakan rapat dan memutuskan untuk memberhantikan sang pelatih dengan alasan krisis internal yang semakin berat.

“Mereka nampaknya kian sulit dan kinerja tim juga tak begitu menampilkan perubahan yang maksimal apalagi Piala Dunia akan dilaksanakan dua bulan ke depan,” tulis media itu.

Pelatih yang menggantikan Vahid Halilhodzic pastinya akan mendapatkan tantangan sulit. Waktu yang terlalu singkat jelang Piala Dunia 2018 akan membuatnya kesulitan beradaptasi dan mengenal kemampuan tim. Di sisi lain, timnas Jepang bergabung di grup H bersama Kolombia, Polandia, dan Senegal.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *