Penantian 36 Tahun Peru di Piala Dunia

Timnas Peru Piala Dunia 2018

Sekarang ini kurang dari 2 bulan akan berlangsung kompetisi Piala Dunia yang ke-21 yang bakal berlangsung di Rusia mulai tangga 014 Juni yang akan datang. Lalu apa arti angka itu pada catatan statistik hajatan FIFA yang pertandingan perdananya kali ini pertemukan tuan rumah melawan Arab Saudi di Luzhniki Stadium, Moskow ​ini?

Angka 51 adalah angka kebanggaan bagi para pencinta sepakbola Peru. Selama keikutsertaan mereka ada 51 pemain sepakbola Peru yang ikut serta bermain bersama tim nasional kesayangannya. Tidak cuma sekadar pelengkap, tim nasional Peru bikin kejutan di Piala Dunia edisi Meksiko tahun 1970.

Dengan adanya para pemain dengan permainan atraktif, banyak yang berharap pasukan Peru dapat melangkah ke tahap tertinggi yang bisa mereka raih. Ketika itu langkah mereka terhenti di babak perempat final usai tunduk oleh pasukan Samba Brasil yang diperkuat oleh para pemain legendanya seperti Pele, Rivelino, dan Jairzinho. Walau merasa kecewa namun performa Peru pada saat itu menjadi yang paling oke dengan rata-rata cetak angka 2,25 tiap pertandingan.

Delapan tahun selanjutnya Peru kembali bermain di Piala Dunia Argentina 1978 dan bertahan sampai putaran kedua setelah ditahan Skotlandia. Di Spanyol pada tahun 1982, tim nasional Amerika Selatan ini tidak bisa lewati tahap grup. Dan baru 36 tahun selanjutnya The Peruvians sukses melangkah ke putaran final Piala Dunia yang kali ini berlangsung di Rusia.

Tentang bintang, beberapa nama sampai cukup dikenal berkat kepiawaiannya, termasuk Hector Chumpitaz, Cesar Cueto, Hugo Sotil, Julio Cesar Uribe, Juan Carlos Oblitas dan tentu saja Teofilo”El Nene” Cubillas. Nama terakhir menjadi legenda dengan caps paling banyak (jumlah 13 kali untuk Meksiko 1970 dan Argentina 1978) dan catatkan cetak angka tertinggi masing-masing 5 lesakan di 2 kompetisi tadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *