Kapten Peru Dilarang Tampil di Piala Dunia 2018 Karena Doping

Paolo Guerrero Dilarang Tampil di Piala Dunia 2018

Kapten tim nasional Peru Paolo Guerrero dilarang untuk bermain di ajang Piala Dunia 2018. Pemain penyerang yang berumur 34 tahun tersebut mau tak mau harus absen di Rusia sebab dirinya terlibat dalam kasus doping.

Pemain penyerang Flamengo tersebut dilarang tampil sepanjang 14 bulan usai positif gunakan doping di babak kualifikasi Piala Dunia berhadapan dengan Argentina pada bulan Oktober 2017.

Sebelumnya sanksi larangan yang diberikan pada Guerrero sempat dikurangi 6 bulan dan rencananya berakhir bulan ini. Tim pelatih pun mengambil keputusan untuk menunjuk Guerrero sebagai kapten tim.

Tetapi, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menyetujui permohonan Badan Anti Doping Dunia untuk menambah panjang masa hukuman si pemain sampai dengan bulan Januari yang akan datang.

Guerrero dinyatakan positif telah mengonsumsi benzoylecgonine, metabolit kokain, pada laga kualifikasi Piala Dunia berhadapan dengan Argentina.

Pengacaranya berpendapat, Guerrero dengan tidak sengaja mengonsumsi zat itu dalam teh yang sudah terkontaminasi. Tetapi, CAS tetap putuskan si pemain menggunakan doping.

Peru adalah tim terakhir yang pastikan diri lolos ke ajang Piala Dunia 2018 usai menang dengan agregat 2-0 atas Selandia Baru di babak playoff.

Untuk Peru, ini kali pertama mereka bermain di kompetisi 4 tahunan itu sedari tahun 1982. Peru sendiri sebelum tahun 90-an memang rutin tampil di Piala Dunia sebanyak 5 kali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *