Empat Laga Mengejutkan dalam Sejarah Piala Dunia

Laga Mengejutkan dalam Sejarah Piala Dunia

Piala Dunia memang selalu menarik untuk dikulik. Legenda bola timnas Brasil yakni Pele mengungkapkan jika turnamen bola empat tahunan tersebut merupakan hal yang begitu selalu menghadirkan kejutan. Termasuk hasil laga yang awalnya diprediksi akan berjalan biasa saja.

Inilah empat laga yang mengejutkan dalam catatan sejarah Piala Dunia.

  1. Timnas Jerman 7-1 Timnas Brasil

Laga dalam babak Semifinal Piala Dunia 2014 di Brasil ini berlangsung tanpa Neymar dan Thiago Silva, namun Brasil tetap diunggulkan. Tapi, dalam waktu 11 menit saja, Thomas Muller sudah merayakan gol awal Jerman di gawang Julio Cesar. Setelah itu, gol dari mereka mulai bermunculan.

Masuk ke babak kedua, Brasil semakin terpuruk. Jerman semakin tangguh lewat Andre Schurrle di menit 69 dan 79. Brasil pun hanya menciptakan gol hiburan dari Oscar. Hasil itu merupakan kegagalan terbesar Selecao sejak 1920.

  1. Timnas Belanda 5-1 Timnas Spanyol

Laga Penyisihan Grup B Piala Dunia 2014 ini menampilkan Spanyol yang saat itu merupakan juara bertahan Piala Dunia 2010 setelah berhasil mengalahkan Belanda di laga final. Dengan susunan pemain yang tidak begitu diubah, Tim Matador kembali menjadi unggulan.

Spanyol kembali melawan Belanda di laga awal babak penyisihan. Sempat unggul dari sepakan Xabi Alonso di menit ke-27, tapi Belanda menyusul lewat gol Robin van Persie. Dari gol itu, van Persie mendapat nama beken “The Flying Dutchman”.

Masuk ke babak kedua, tim Oranye semakin gahar. Dari gol Arjen Robben di menit ke-53, mereka kembali menambah gol lewat Stefan de Vrij, van Persie dan Robben.

Laga Mengejutkan dalam Sejarah Piala Dunia

  1. Timnas Senegal 1-0 Timnas Prancis

Laga di Grup A Piala Dunia 2002 itu dijalani timnas Prancis dengan status juara bertahan Piala Dunia 1998. Walau Zinedine Zidane kala itu tak ikut tampil, Les Blues tetap menjadi unggulan.

Tapi di laga melawan Senegal ini, secara mengejutkan Les Bleus merasakan kegagalan lewat gol tunggal Papa Boupa Diop. Timnas juara bertahan ini kian terpuruk, laga timnas Prancis vs timnas Denmark serta Uruguay, menjadikan Les Blues berada di posisi paling bawah Grup A tanpa satu gol. Senegal sendiri masuk ke babak 16 besar dengan status peringkat kedua di fase grup.

  1. Timnas Korea Selatan 2-1 timnas Italia

Memasuki laga 16 Besar Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, timnas Italia hadir dengan pemain unggulan mereka, seperti Buffon, Maldini, Totti serta Del Piero. Melawan tim tuan rumah, Korea Selatan ternyata tidak mudah untuk Gli Azzuri di babak 16 besar.

Korea Selatan sempat tertinggal lewat gol Christian Vieri kala laga baru berlangsung dalam 18 menit. Jelang laga akhir yakni di menit ke-88, Korea sukses mengejar lewat sepakan Seoul Ki-hyeon. Skor 1-1 terjadi dan adu pinalti pun berlangsung.

Pada menit ke-117, Ahn Jun-hwan sukses menciptakan gol kemenangan untuk Macan Asia. Korea pun menjadi pemenang dalam laga ini. bersama Guus Hiddink, bahkan mencapai babak semifinal.

Mungkin saja di Piala Dunia 2018 mendatang, akan ada laga yang mengejutkan terjadi. Kita tunggu saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *